Al fajri melaksanakan ANBK mandiri

Ayo Bagikan ke :

Seperti yang kita ketahui, pemerintah telah menghapus ujian nasional (UN). Sebagai gantinya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan sebuah program yang dinamakan asesmen nasional berbasis kompetensi (ANBK). Asesmen nasional merupakan sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Melansir keterangan dari Kemendikbud, asesmen dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Pada pelaksanaan program baru yang akan di laksanakan pada 15-25 november ini, sekolah memerlukan kesiapan yang harus matang terutama dalam sarana dan prasana yang dibutuhkan. Dalam hal ini sekolah harus mempersiapkan sistem komputerisasi yang sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah.

Ketersediaan sarana dan prasarana di  SDIT Al Fajri, dengan tersedianya lab komputer dan sistem komputer di sekolah menjadikannya ditunjuk oleh Dinas Pendidikan setempat sebagai salah satu sekolah dasar yang layak melaksanakan ANBK di wilayah Cikarang Timur. 

Keterbatasan sarana di SD lainnya terutama dalam hal komputerisasi menjadikannya harus “ikut menumpang” pada sekolah yang layak melaksanakan program ANBK, salah satunya SDIT Al Fajri. Oleh sebab itu, terdapat dua sekolahan yang ikut melaksanakan ANBK di SDIT Al Fajri, yakni SDN Sertajaya 01 dan SDN Sertajaya 02. 

“Tidak disangka, SDIT Al Fajri  Umat memiliki fasilitas ANBK dan mampu ditumpangi oleh sekolah lain, Al Fajri Hebat”. Tanggapan pak Korwil Cikarang Timur  saat monitoring ke sekolah (tanggal 28 November 2021 pukul 08.00)

Pak Didin Saepudin, pengawas bina Cikarang Timur ikut menambahkan “Kegiatan ANBK di SDIT Al Fajri Cahaya Umat walau pun perdana kegiatan ini termasuk lancar, walaupun Al Fajri ini kecil tapi memiliki fasilitas yang bagus, kedepannya akan berebut sekolah terdekat untuk menumpang ANBK di Al Fajri”. Asesmen nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antar satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, ataupun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

Akhirnya mari kita bangun bangsa ini dengan memulai sukses ANBK, karena sejatinya mutu pendidikan menjadi cermin masa depan bangsa ini.