Teknik Mengamati Anak Dengan Catatan Anekdot

Ayo Bagikan ke :

Catatan anekdot mencatat seluruh perkembangan anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran anak dari waktu ke waktu hingga hari ke hari. Catatan anekdot ini memungkinkan dapat mengetahui indikatornya baik tercantum maupun tidak tercantum.
Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi:
1. Nama anak yang dicatat perkembangannya
2. Kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak
3. Perilaku termasuk ucapan yang di sampaikan anak selama berkegiatan.

Catatan anekdot dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara obyektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa interpretasi dari guru. Akurat (tepat), objektif (apa adanya, tanpa asumsi misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/tertentu), dan sederhana (tidak bertele-tele).

Catatan anekdot awalnya digunakan untuk mencatat sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba atau peristiwa yang terjadi secara insidental. Berbagai rujukan terakhir menyatakan bahwa catatan anekdot digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi, apa yang dilakukan dan dikatakan anak.